Life on Board
crew cabin |
Bagaimana akomodasi untuk crew dan fasilitasnya?
Tentu saja crew akan tidur di kapal. Kapal terbaru biasanya terdiri atas 2 orang per cabin. Untuk beberapa kapal paling baru, setiap bed ada TV pribadi, disediakan pula komputer. Tapi ukuran kamar terbatas +/- 2x4. Tanpa jendela/porthole. Kamar mandi di beberapa kapal sharing dengan cabin sebelahnya, Kapal lainnya ada yang 1 kamar mandi untuk satu cabin. Sedangkan kapal tua, kamar mandi malah terpisah dari cabin, layaknya asrama, harus gantian. Ingat! Tiap cruise ada cabin inspection, berguna mengetahui kondisi dan kelayakan fasilitas di dalam cabin itu sendiri.
crew bar |
Terus gimana bisa keluar jalan-jalan ketika berlabuh di port?
crew mess |
kalo kita dapat port manning, ya dengan ikhlas hati tidur di cabin dan ga bisa keluar kapal.
Yang paling membosankan adalah ketika kapal at sea selama berhari-hari. 2 hari di laut saja membosankan
apalagi kalo sampai crossing antar benua yang bisa memakan waktu satu minggu. Terus nih ya, Kalo kita dalam keadaan
ga fit, kita bisa datangi dokter di kapal, ga usah sungkan, free!! Tapi ga jaminan kita bisa dapat off duty. Tergantung
keputusan dokter, apalagi kalo karena sea sick ato mabuk laut, bukan alasan untuk ga kerja. Ini nih salah satu yang bikin
berat kerja di kapal selain hal-hal lainnya. Yang penting bersikap positif, kuatkan mental, ingat awal memulai dan tujuan
kerja, ingat utang juga boleh biar memacu semangat dan bisa menghalau segala kendala kerja di kapal.
apalagi kalo sampai crossing antar benua yang bisa memakan waktu satu minggu. Terus nih ya, Kalo kita dalam keadaan
ga fit, kita bisa datangi dokter di kapal, ga usah sungkan, free!! Tapi ga jaminan kita bisa dapat off duty. Tergantung
keputusan dokter, apalagi kalo karena sea sick ato mabuk laut, bukan alasan untuk ga kerja. Ini nih salah satu yang bikin
berat kerja di kapal selain hal-hal lainnya. Yang penting bersikap positif, kuatkan mental, ingat awal memulai dan tujuan
kerja, ingat utang juga boleh biar memacu semangat dan bisa menghalau segala kendala kerja di kapal.
No comments:
Post a Comment